HMPI tahun 2023: LPHD Pasir Kabupaten Mempawah Lakukan Aksi Tanam Pohon

Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Pasir melakukan aksi penanaman pohon di lokasi Kawasan Hutan Desa Pasir. (Dok. Istimewa)

Mempawah – Momentum Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2023 Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Pasir melakukan aksi penanaman pohon di lokasi Kawasan Hutan Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (29/11/2023).

Didalam aksinya LPHD Pasir turut menggandeng KPH Wilayah Mempawah, Pemerintah Desa Pasir, Badan Permusyawaratan Desa Pasir, Sampan Kalimantan Barat, masyarakat setempat, dan pihak lainnya.

Ketua LPHD Pasir, Riwan Sarbidin mengatakan selain memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia 2023, tujuan dilakukannya aksi penanaman pohon ini juga bertujuan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon. “Dan, imbuh dia, melalui HMPI tahun 2023 ini juga sebagai momentum untuk mengajak masyarakat agar semakin mencintai lingkungan serta untuk merefleksikan pentingnya pohon dalam kehidupan,” katanya.

Pohon berperan penting bagi makhluk hidup. Pohon dapat menjaga suhu bumi tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara. “Pohon juga memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, menstabilkan tanah, melindungi tanaman, dan mengurangi peluang penyebaran patogen antara hewan dan manusia.

“Melalui proses fotosintesis, pohon menyerap CO2, menyimpan karbon dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
Kemampuan pohon untuk menyerap CO2 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim,” jelas Ketua LPHD Pasir.

“Penyebab utama dari perubahan iklim adalah peningkatan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia (antropogenik). CO2 merupakan salah satu gas rumah kaca utama pemicu perubahan iklim,” tandasnya.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan