Borneo Cultures Museum, Magnet Wisata Mancanegara dengan Kearifan Historis yang Berkualitas Tinggi

Borneo Cultures Museum di Jalan Tun Abang Haji Openg 93400 Kuching, Sarawak, Malaysia. (Dok. Istimewa)

Malaysia – Borneo Cultures Museum telah mengukuhkan posisinya sebagai destinasi unggulan bagi wisatawan mancanegara yang mencari pengalaman budaya yang mendalam dan berkualitas. Terletak di Jantung Borneo, tepatnya Jalan Tun Abang Haji Openg 93400 Kuching, Sarawak, Malaysia. Museum ini telah menarik perhatian dunia dengan koleksinya nan kaya akan sejarah dan warisan budaya yang beragam.

Museum ini baru diresmikan pada 09 Maret 2022, Borneo Cultures Museum sejak itu telah menjadi rumah bagi ribuan artefak berharga yang menceritakan kisah-kisah masa lalu Borneo. Mulai dari seni tradisional hingga peralatan rumah tangga kuno, setiap item di museum ini menawarkan pandangan yang mendalam tentang kehidupan dan budaya masyarakat Borneo dari zaman kuno hingga masa kini.

Salahsatu daya tarik utama museum ini adalah kepedulian terhadap memperkenalkan kearifan lokal kepada pengunjung dari seluruh dunia. Dengan bimbingan pemandu yang berpengetahuan luas, wisatawan dapat menjelajahi galeri-galeri pameran yang didedikasikan untuk memperkenalkan berbagai aspek kehidupan tradisional Borneo, mulai dari upacara adat hingga kegiatan ekonomi tradisional.

Tidak hanya menampilkan warisan budaya, tetapi museum ini juga menjadi pusat pendidikan dan penelitian bagi masyarakat lokal dan internasional. Program pendidikan yang beragam dirancang untuk membantu memperkuat pemahaman akan pentingnya memelihara warisan budaya dan meningkatkan apresiasi terhadap keanekaragaman budaya Borneo.

Kualitas koleksi di Borneo Cultures Museum tidak hanya mengesankan tetapi juga memberikan pandangan yang mendalam tentang sejarah dan kebudayaan Borneo. Dengan upaya yang berkelanjutan untuk memperluas koleksi dan meningkatkan fasilitas, museum ini terus menjadi pusat keunggulan dalam menjaga dan mempromosikan warisan budaya Borneo yang berharga. Saya sangat senang dan tertarik sekali berkunjung kemari karena banyak banyak pengetahuan yang saya dapatkan disini,“ujar Steven Wilson Turis asal Austria ketika diwawancarai, Senin (26/02/2024).

Steven Wilson menyebut keterlibatan museum dalam industri pariwisata juga merupakan kontributor utama dalam mempromosikan Borneo sebagai tujuan wisata utama di Asia Tenggara.

“Melalui partisipasi dalam berbagai acara dan festival budaya, Borneo Cultures Museum membantu memperluas pemahaman akan kekayaan budaya yang dimiliki wilayah ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal,” katanya.

Dirinya mengatakan bahwa sebagai bagian integral dari ekosistem pariwisata Borneo, Borneo Cultures Museum terus menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara yang mencari pengalaman budaya yang otentik dan mendalam.

“Dengan komitmen yang teguh untuk memelihara dan mempromosikan warisan budaya yang berharga, museum ini akan terus menjadi tujuan yang tak terlupakan bagi mereka yang mencari keindahan dan kekayaan budaya Borneo yang luar biasa,” pungkas Turis asal Austria tersebut.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan