Pelepasan Mahasiswa Delegasi Untan untuk KKN Kebangsaan XII di Unpatti, Ambon

Untan Kirim Delegasi Mahasiswa untuk KKN Kebangsaan XII di Unpatti, Ambon, Membangun Semangat Kebangsaan di Tanah Maluku.

Pontianak – Universitas Tanjungpura (Untan) dengan bangga melepas mahasiswa delegasi untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XII Tahun 2024 di Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon. Acara pelepasan diselenggarakan pada Selasa (23/07/2024), bertempat di Aula LPPM Untan dan dihadiri oleh berbagai pejabat penting serta para mahasiswa delegasi yang akan mewakili Untan.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Untan; Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si., Wakil Rektor I Bidang Akademik; Dr. Sy. Hasyim Azizurrahman, S.H., M.Hum., Kepala LPPKM; Dr. Ir. Urai Edi Suryadi, M.P., serta para Dekan dan perwakilan fakultas di lingkungan Untan. Para staff LPPM dan mahasiswa Untan yang menjadi delegasi dalam KKN Kebangsaan XII ini juga turut hadir.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala LPPKM, Dr. Ir. Urai Edi Suryadi, M.P. Dalam sambutannya, Ia menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam mengembangkan rasa nasionalisme dan ketangguhan sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Diharapkan para mahasiswa dapat menempatkan diri dengan baik di mana pun mereka berada dan mampu mengembangkan kapasitas serta kapabilitas diri mereka selama KKN Kebangsaan ini,” ujar Edi Suryadi.

Ia juga mengingatkan bahwa Untan telah dua kali menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan, yaitu pada KKN Kebangsaan XI tahun 2023 dan KKN ke-2, serta menyebut dua pembimbing delegasi Untan, Ratna dan Ella.

Sesi selanjutnya adalah sambutan sekaligus pelepasan mahasiswa delegasi Untan oleh Rektor Untan, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si. Dalam kesempatannya, Garuda Wiko menyampaikan ucapan selamat dan semangat kepada para mahasiswa yang akan mewakili Untan dalam KKN Kebangsaan XII ini. Para delegasi yang disebut dan disapa langsung oleh Rektor adalah Meutia Regita Cahyani (Fakultas Teknik), Megasim (Fakultas Teknik), Rizky Rachimsa Putri (Fakultas Pertanian), Mega Juliana Pujilestari (FMIPA), Aqshal Alfajr P.A (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), serta Jamaludin (Fakultas Hukum).

Dalam sambutannya, Garuda Wiko juga menggarisbawahi pentingnya peran universitas dalam pembentukan karakter mahasiswa, sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Ia menekankan bahwa keberhasilan seseorang tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan teknikal, tetapi juga kecerdasan emosional yang tumbuh melalui pendewasaan diri. Selain itu juga Dia berpesan “agar para mahasiswanya juga mampu menulis, mempublikasikan, serta berbagi pengalaman dan cerita kepada teman temannnya nanti setelah kepulangan. Serta mampu memberikan energi dan semangat positifnya,“ ujarnya.

“Saya berharap para mahasiswa dapat memberikan dampak positif selama KKN Kebangsaan XII ini, baik untuk perkembangan pribadi maupun untuk kemajuan kampus kita,” pesan Rektor Garuda Wiko.

Bagikan Berita