Festival Rukun Warga Kampung Gambut Siantan Hilir

Festival Rukun Warga Kuat Sihir. (Dok. Istimewa)

Pontianak – Komunitas Kampung Gambut Siantan Hilir (Kuat Sihir) menggelar Festival Rukun Warga, Senin (18/12/2023). Agenda Festival Rukun Warga Kuat Sihir yang perdana ini di rangkai dengan beberapa agenda yaitu peresmian balai warga, penerimaan bantuan stimulan dan peresmian demplot pertanian terpadu berbasis aquakulter.

Festival Rukun Warga ini turut dihadiri Wali Kota Pontianak, Wakil Wali Kota Pontianak beserta OPD lainnya di lingkungan Kota Pontianak, Perwakilan IT Pertamina Kota Pontianak dan Warga di lingkungan dharma putra dalam.

Ketua Badan Usaha Milik Rukun Warga (BUMRW) 33, Irwan mengatakan balai kegiatan ini merupakan inisiasi untuk lebih mendekatkan dan mengenalkan potensi-potensi yang ada di Kampung Gambut Siantan Hilir (Kuat Sihir).

Dirinya juga menyampaikan kepada semua lapisan masyarakat bahwa kita tidak hanya cukup menjaga gambut tetap lestari, melainkan juga harus memastikan kesejahteraan masyarakat yang hidup di kawasan gambut ini. “Untuk itu, kata Irwan, kami membentuk Badan Usaha Milik Rukun Warga (BUMRW) sebagai sarana responsif terhadap persoalan-persoalan yang ada di lingkungan kampung gambut Siantan hilir ini,” urainya.

Hartono sebagai perwakilan PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Pontianak dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan program di kampung gambut siantan hilir ini baru pertama kali dilaksanakan. “Sehingga bantuan stimulus yang diberikan ini, semoga dapat menjadi lecutan semangat bagi kawan–kawan di area binaan untuk dapat terus berinovasi dan kreatif dalam menjalankan aktifitas pengembangan program dan menjadi kelompok yang mandiri ke depannya,” kata Hartono.

“Alhasil pada ujung pemberdayaan masyarakat yang dilakukan, Program CSR PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Pontianak ini bisa menjadi contoh bagi stakeholders dan masyarakat luas,” sambungnya.

Balai warga diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono dengan menandatangi prasasti dan dalam sambutannya Wali Kota Pontianak sangat mengapresiasi inovasi-inovasi warga apalagi yang bersifat pelestarian lingkungan seperti yang di lakukan masyarakat kampung gambut Siantan Hilir RW 33 ini.

Kegiatan festival warga juga dimeriahkan Lembaga Seni Madura Kalbar dengan tarian pusaka tanah gambut potre koning.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan