Webinar American Accent and AI-Supported Tools STBA Pontianak

Webinar American Accent and AI-Supported Tools: Practicing and Passing English Speaking Proficiency Tests. (Dok. Istimewa)

Pontianak – Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Pontianak mengadakan Webinar “American Accent and AI-Supported Tools: Practicing and Passing English Speaking Proficiency Tests.” Kegiatan yang diselenggarakan melalui ZOOM dan disiarkan langsung di Youtube LPPM STBA Pontianak ini mengundang seorang pembicara tamu dari Universitas PGRI Semarang yakni Laily Nur Affini, S.Pd.,M.Hum.

Kegiatan webinar melalui ZOOM sudah menjadi agenda rutin STBA Pontianak, sebagai bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat. Seperti halnya kegiatan seminar dan konferensi secara daring yang di selenggarakan Perguruan Tinggi lain, webinar STBA Pontianak yang telah terselenggara pada tanggal 4 Januari 2024 juga berhasil merangkul peserta yang lebih luas.

Citra Suryanovika, Kepala LPPM STBA Pontianak sekaligus Ketua Pelaksana Webinar American Accent and AI-Supported Tools: Practicing and Passing English Speaking Proficiency Tests mengatakan bahwa “kegiatan online ini dihadiri oleh 100 peserta di ZOOM dari Kalimantan Barat dan Jawa Tengah,” katanya.

Narasumber mengenalkan cara kerja aplikasi English-speaking seperti Bestmytest, ELSA, dan Speechace yang bertujuan untuk meningkatkan aksen Amerika. Peserta juga diarahkan untuk berlatih menggunakan vocaroo.com sehingga bisa melihat perbedaan sebelum dan sesudah mempelajari aksen Amerika.

Dalam presentasinya, Laily Nur Affini menyarankan teknik shadowing dan latihan tongue twister membantu kita untuk bisa berbicara Bahasa Inggris dengan Aksen Amerika. “Menurutnya, strateginya adalah meniru intonasi atau pengucapan Aksen Amerika dari lagu atau film, dan melatih organ wicara dengan membaca kata-kata yang serupa seperti kalimat tongue twisters,” jelasnya.

Webinar yang bertabur dengan hadiah ini dimoderatori oleh Mita Nur Aflah, S,Pd.,M.Pd berlangsung selama dua jam. Kegiatan akhir ditutup dengan Quiz dan mengundi pemenang hadiah kejutan.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan