Setelah Satu Dekade Hiatus, “Pot Smoker” Reinkarnasi dengan Nama “P.O.T.S” dan Merilis Dua Lagu Baru

Pontianak – Setelah mengalami masa vakum selama satu dekade, band asal Pontianak yang sebelumnya dikenal dengan “Pot Smoker” secara resmi kembali dengan nama baru yakni “P.O.T.S.” Serta baru saja merilis dua lagu berjudul Ancient Call dan Burn.

“Pot Smoker pertama dibentuk sekitar tahun 2006, awalnya mereka manggung dengan mengcover lagu-lagu yang disukai pada waktu itu seperti bob marley, tony q rastafara, kayaknya dulu tuh paling sering mengcover itu deh,” tutur Eru menceritakan, Minggu (17/03/2024).

“Berkisar tahun 2008-2009 Pot Smoker mulai berani untuk mencipatakan dan merekam lagu karya sendiri, sampai sebelum hiatus di tahun 2012 sudah ada 3-4 lagu yang sudah dirilis secara mandiri, ada yang masuk kompilasi, ada yang disebar di kalangan teman2, dan ada yang diupload di youtube,” sambungnya.

Saat ditanya mengenai perubahan nama band dan formasi terbarunya, Eru menjelaskan bahwa pihaknya ingin menyegarkan suasana aja, menggunakan nama yang baru supaya fresh, karena memang warna musiknya cukup berbeda dengan 10 tahun yang lalu juga sih, itupun nama yang kita pilih masih nyerempet sama nama yang lama kan, Pot Smoker dipersingkat aja jadi P.O.T.S gitu aja,” tuturnya sambil tersenyum.

“Sebenarnya dari dulu kita lumayan sering berganti personil sih, biasanya ganti personil itu karena terbentur kesibukan pribadi diluar musik. Personil yang sekarang berkumpul ini terdiri dari 4 member yang ada di awal (2006), ditambah Okky, Eru dan Rizal yang pernah mengisi 3 formasi di era yang berbeda,” tambahnya.

Eru menyebut musik kita yang sekarang sebagai Cosmic One Drop. Disebut begitu karena setelah berproses dengan jalan bermusik masing-masing, kita yang berkumpul sekarang ini membawa elemen dari musik yang ternyata lebih beragam dari sebelumnya. Sehingga kurang cocok rasanya jika hanya dimasukkan ke dalam 1 genre tertentu saja.

“Dalam waktu dekat sepertinya fokus kita masih untuk merampungkan proses produksi 8 lagu lain, yang bersama 2 single yang sudah dirilis ini akan kita kemas menjadi album penuh. Tapi, kata dia, kita nggak menutup kemungkinan buat manggung juga sih, kalau panggungnya menarik,” urainya.

Untuk makna dan arti lagu terbaru P.O.T.S, Eru mengatakan “Ancient Call” adalah bentuk terhubungnya kembali kita dengan orang-orang, tempat, dan segala kenangan yang membentuk kita semua Menjadi seperti sekarang. Usia boleh bertambah, Namun kita tidak mena. Kita berkembang, kita bertahan.

“Burn” menggambarkan sifat serakah dan Tindakan manusia yang meninggalkan ilmu dan akal sehat, membuat kekacauan di muka bumi, meninggalkan banyak tanya tak terjawab bagi yang mempelajari. Waktu terus berjalan, kita semua pasti mati. Tak ada yang abadi.

“Ancient Call dan lagu Burn menandai dimulainya album perdana yang sudah lama Menjadi wacana, yang akan terdiri dari sepuluh lagu yang diciptakan selama ini, termasuk pada masa hiatus. Dengan penggabungan banyak gaya musik yang kami sebut sebagai “Cosmic One Drop” sebagai energi baru, P.O.T.S. siap untuk kembali bermusik,” pungkasnya.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan