SMP Negeri 13 Pontianak Sukses Menggelar Class Meeting Bertajuk 13 Art Festival

Sesi foto bersama Siswa Siswi SMPN 13 Pontianak. (Dok. Istimewa)

Pontianak – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13 Pontianak, Kalimantan Barat menggelar kegiatan classmeeting bertajuk 13 Art Festival. Kegiatan yang dilaksanakan setelah selesainya ujian semester Tahun Ajaran 2022/2023 ini dikuti Kelas 7 dan 8 dengan Guru Pembina Doni Gianto, S.Pd.

Siswa Kelas 8 yang merupakan Ketua Panitia, Diva Aghesta menyampaikan bahwa ide dan gagasan festival seni ini dibuat guna mewadahi teman–teman di sekolah untuk menyalurkan bakat dan minat mereka terhadap hal–hal yang berbau seni, baik itu tari, musik, seni rupa, maupun puisi/musikalisasi puisi, ungkapnya, Selasa (20/06/2023).

Acara yang berlangsung pada 13–15 Juni lalu ini sebenarnya telah direncakan sejak tahun 2020 lalu oleh kakak kelasnya di komunitas ruang seni.

Namun, sambungnya, keinginan untuk menyelenggarakan acara tersebut akhirnya harus pupus dan tertunda dikarenakan terjadi pandemi covid 19 yang terjadi waktu itu.

“Alhamdullilah kegiatan ini langsung dimanagerial oleh kami sendiri selaku siswa”, jelasnya.

Diva juga menerangkan bahwa acara ini dibentuk dengan kepanitiaan yang berjumlah sekitar 40-an orang dari siswa kelas 7 dan 8 yang kemudian terbagi diberbagai bagian seperti, Penanggung Jawab acara, Ketua Panitia, Sekretaris, Bendahara, Humas, Dokumentasi, Perlengkapan, Stage Manager, Crew, dan Keamanan.

Dari kegiatan ini, kata dia, banyak yang bisa diambil pembelajaran seperti bagaimana bertanggung jawab pada bidangnya masing-masing. Mereka juga belajar bagaiamana cara memanagement sebuah acara dengan melakukan banyak hal yang selalu dimulai dari diskusi, rapat, dan evaluasi.

“Banyak hal yang kami dapatkan dari menggelar kegiatan ini seperti Management tim, pengendalian diri, wawasan, kecakapan, publik speaking, mental, kerjasama team, solidaritas, tanggung jawab, dan masih banyak lagi yang lainnya, yang mungkin sulit rasanya diungkapkan dari sebuah perjalanan proses dan pengalaman yang melelahkan untuk terselenggaranya acara yang luar biasa seperti 13 Art Festival,” urainya.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan