Kritis dan Penuh Perlawanan, Sukatani Rilis Album Terbaru ‘Gelap Gempita’

Duo Sukatani (Twister Angel dan Alectroguy) asal Purbalingga, Jawa Tengah. (Dok. @dugtrax / Dugtrax Records)

Pontianak – Musik memang dapat bertransformasi menjadi alat untuk menyuarakan segala keresahan sosial, dengan lirik yang digunakan sebagai penyampaian pesan. Tak sedikit band/musisi yang menyerukan perlawanan soal isu sosial lewat musik-musiknya, yang hingga kini masih menggema ke seantero Negeri, dan salah satunya adalah Sukatani yang juga baru saja merilis karya terbarunya.

Mengutip dari akun resmi media sosial Instagram milik Dugtrax Records yang baru-baru ini dibagikan kepada publik maya, pada Minggu (03/09/2023). Duo Sukatani adalah (Twister Angel dan Alectroguy) asal Purbalingga, Jawa Tengah yang aktif dalam gerakan sosial dan lingkungan hidup.

“Hal ini terpapar secara lugas dan tajam dengan dialek Banyumasan dalam lirik lagu mereka di album terbarunya, Gelap Gempita. Di tengah lazimnya musik Hip Hop, Folk, Hardcore Punk, dan Indie-Rock dalam aktivisme di Indonesia, Sukatani memainkan musik Post-Punk dengan sensibilitas New Wave yang kental. Nada-nada gelap Gothic-Rock berpadu-padan dengan melodi New Romantic hingga keceriaan Synth-Pop. Sebuah racikan unik yang mengingatkan kita pada Le Tigre, unit dance punk-nya Kathleen Hannah (Bikini Kills),” bebernya.

Tak lepas dari fenomena selera musik lintas genre dalam pergerakan politik anak muda di Indonesia dan bagaimana sifat maskulin nan garang mulai bersanding dengan budaya populer yang feminin; seperti munculnya dance K-pop dalam aksi-aksi massa.

“Lantai dansa tak lagi terisolir di ruang hedonis saja, ia kini turut mengokupasi wahana protes. Protes adalah hak semua orang dengan beragam selera, attitude, kelas, hingga gender,” tegasnya lagi.

Lebih lanjut, akun tersebut menyampaikan, Selain menyuarakan kemuakan atas kebobrokan sistem dan kebatilan kuasa, Sukatani juga mengingatkan kita betapa pentingnya suara-suara tersebut disalurkan melalui sulur-sulur seni populer yang diamplifikasikan dalam ranah akar rumput.

“Mari kita bergoyang dan bernyanyi ramai-ramai merayakan mosi tidak percaya pada kebijakan politik para penguasa kapitalis,” gaungnya.

Postingan tersebut menambahkan, Gelap Gempita sejak resmi dirilis pada bulan Juli 2023, album tersebut menjadi demit digital yang bergentayangan di lintas tongkrongan.

Sukatani, berbekal video lirik “Alas Wirasaba” dan album penuhnya cukup banyak mendapatkan sorotan khalayak.

Mulai dari sekedar testimoni hingga ulasan singkat pun bergulir dengan cepat, bak bisik-bisik tetangga yang selalu terdengar di telinga kita.

“Album ‘Gelap Gempita’ sudah dapat dinikmati di website band camp Sukatani, atau klik di bio @dugtrax”.

Cover Album ‘Gelap Gempita’ Sukatani. (Dok. @dugtrax / Dugtrax Records)

Personil:
Lead Vokal: Ovi a.k.a Twister Angel.
Lead Gitar: Al a.k.a Alectroguy
Synthesizer / Bass / Drum: Al a.k.a Alectroguy.
Vokal Latar: Al a.k.a Alectroguy

Produser: Bung Kalz & Cipoy.
Mixing & Mastering: Avant Garden Club.
Konsep & Desain Sampul: Cipoy.
Foto sampul: Nois Aresip.

Semua lagu ditulis oleh Twister Angel dan Alectroguy. Direkam oleh Avant Garden Club di Ruang Gulma dan Kata Kunci Creative 2023.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan