Dialog Ruang Terbuka Refleksi Pembangunan Kota Pontianak, Aktivis Gemawan: Sungai adalah Peradaban

Dialog Ruang Terbuka Refleksi Pembangunan Kota Pontianak. (Dok. Istimewa)

Pontianak – Sungai Kapuas di Kota Pontianak, Kalimantan Barat memang sudah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sehingga seharusnya ekosistem sungai itu dijaga akan kebersihannya.

Selain itu, terkait pembangunan Kota bukan hanya dilihat dari sisi infastruktur saja melainkan ekonomi masyarakat juga perlu diperhatikan.

Menanggapi hal itu, Aktivis Gemawan, Arniyanti menyebut dari sisi lingkungan perlu adanya kerterkaitan kuat antara masyakarat dan menjaga ekosistem air terutama di sungai.

Pembangunan waterfront menurut kami, kata Arni sapaannya, saat ini salah satu catatan penting, “menurut kami sungai itu adalah peradaban dan melihat sungai itu melihat kemajuan Kota Pontianak,” urainya menerangkan, saat menghadiri Dialog Ruang Terbuka Refleksi Pembangunan Kota Pontianak di Stasiun Radio RRI Pontianak, Kamis (12/10/2023).

Kemudian, imbuh Aktivis Gemawan itu, melihat pembangunan Kota Pontianak, pemerintah juga perlu mengantisipasi persoalan air. “Sehingga dari ekosistem sungai perlu dijaga untuk berkelangsungan kemajuan Kota Pontianak,” jelasnya.

“Saya ingin melihat sebagaimana sebenarnya air menjadi salah satu hal yang paling dekat dengan lingkungan dan masyarakat,” pungkas Arni.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan