Prediksi Cuaca BMKG : Banjarmasin dan Pontianak Berasap, Hujan di Berbagai Wilayah

Ilustrasi cuaca mendung berpotensi turun hujan. (Dok. ANTARA)

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan terjadi di Medan, Sumatera Utara pada Selasa, 15 Agustus 2023. Sementara hujan intensitas sedang kemungkinan terjadi di Padang dan hujan intensitas ringan di Bengkulu, Tarakan, Ambon, Ternate, Manokwari, Pekanbaru dan Manado.

“Ibu kota provinsi yang perkirakan diselimuti asap di Pontianak dan Banjarmasin,” demikian kutip dari BMKG. Sedangkan berkabut di Jambi dan Pekanbaru.

Suhu udara berkisar antara 17-34 derajat Celcius dengan suhu terendah di Bandung. Sedangkan suhu tertinggi di Serang, Semarang, Pontianak, Banjarmasin dan Palangkaraya.

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status waspada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara dan Papua. Wilayah yang berpotensi angin kencang di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Barat.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 15-16 Agustus 2023.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot. “Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka dan Laut Natuna Utara,” demikian dikutip dari BMKG.

Gelombang yang sangat tinggi di kisaran 2,5-4 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue-Kep. Nias-Kep. Mentawai, perairan barat Bengkulu hingga Lampung, Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, perairan selatan Bali sampai Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan dan Samudra Hindia selatan Banten hingga NTB.

Bagikan Berita

Tinggalkan Balasan